customer support
 
admin
admin

PIN BB : 25B81BC0

Call/SMS/Whatsapp :

081284081999

 
 
 
www.facebook.com/gallerybatikindonesia
 
 
jajak pendapat
Pertanyaan Pooling
Jawaban 1
Jawaban 2
Jawaban 3
Jawaban 4

LIHAT HASIL
 

pusat batik

 
 


USER ONLINE : 1
TOTAL VISITOR : 556890
 
 
 
 

Artikel

Jenis Batik

Batik Tulis

Batik tulis memiliki harga yang lebih mahal apabila dibandingkan dengan batik cap atau batik printing. Hal ini dikarenakan proses pembuatan batik tulis yang sangat rumit dan manual yang memakan waktu hingga berbulan-bulan untuk pembuatan satu lembar kain batik saja. Semakin banyak warna pada kain batik tulis tersebut dan semakin halus motif kain batik tulis yang diinginkan maka proses pengerjaannya juga akan semakin lama.

Keunggulan lain dari batik tulis adalah keunikannya. Hal ini terjadi karena proses pembuatan batik tulis yang manual dan tidak menggunakan mesin / alat cetak motif, sehingga hasil guratan motif yang dihasilkan akan selalu berbeda pada setiap kain batik tulis.

Dengan kondisi seperti ini, batik tulis bukan pilihan yang tepat apabila ingin digunakan sebagai seragam batik kantorseragam batik kerja dan seragam batik sekolah. Namun dapat dijadikan pilihan untuk seragam batik keluarga atau seragam batik yang hanya sedikit jumlah pemakainya.

 

Batik Cap

Batik cap memiliki harga yang jauh lebih murah dibanding batik tulis namun lebih mahal jika dibandingkan dengan batik printing karena proses pengerjaannya tidak serumit batik tulis. Pengerjaannya menggunakan lempengan – lempengan cap batik yang terbuat dari tembaga atau  disebut juga canting cap. Cap ini dibuat dari beberapa lempengan tembaga yang membentuk corak pada salah satu permukaannya. Cara kerja canting cap dalam proses pembuatan batik pada dasarnya mirip dengan cara kerja stempel, hanya saja tidak menggunakan tinta namun dengan cairan malam (wax). Dan proses pewarnaannya hampir menyerupai proses pembuatan batik tulis, sehingga kualitas dari batik cap tidak kalah jauh dari kualitas batik tulis.

Batik cap merupakan pilihan yang tepat apabila ingin digunakan sebagai seragam batik kantor,seragam batik kerja, seragam batik sekolah dan seragam batik keluarga namun tetap ingin memiliki kualitas batik yang sangat baik, sehingga penghargaan akan batik sangat terlihat pada pemilihan seragam batik dengan menggunakan metode cap .

 
Batik Printing

Batik printing memiliki harga yang sangat murah apabila dibandingkan dengan batik cap dan batik tulis. Batik printing merupakan salah satu jenis batik yang baru muncul berdasarkan cara pembuatannya. Tidak diketahui pasti kapan batik printing mulai dikenal, namun kini batik printing justru paling banyak di produksi apabila dibanding batik cap apalagi batik tulis.

 

5 Hal Yang Harus Anda Tahu Tentang

Batik Tasikmalaya


Kamu pribadi yang simpel, ceria, sekaligus dinamis? Batik Tasikmalaya bisa kamu jadikan pilihan untuk membuat busana yang sesuai dengan kepribadianmu. Untuk mengetahui lebih jauh tentang batik tasikmalaya dari tanah Sunda ini, simak deh, beberapa info di bawah ini.

1. Sentra Penghasil Batik Tasikmalaya

Identitas wilayah Cigeureung sebagai sentra penghasil batik sudah ditunjukkan oleh papan-papan nama, spanduk, serta hiasan-hiasan yang berbau batik di sepanjang jalan utama menuju wilayah yang terletak di kelurahan Nagasari, kecamatan Cipedes itu.

Di desa ini, terdapat pengusaha batik yang memulai usahanya sejak tahun 1950 dan masih berjalan dengan lestari hingga saat ini. Deden Supriyadi namanya. Dibantu 23 pembatik tulis, 17 ahli cap serta 13 ahli celup dan warna yang bekerja kepadanya, ia mampu menghasilkan 200 batik tulis halus dan 7000 helai batik cap setiap bulannya. Wow … sebuah angka yang cukup fantastis, ya?

Masih di kelurahan Nagasari, wilayah Ciroyom juga termasuk daerah penghasilbatik Tasikmalaya yang masih eksis hingga saat ini walau mengalami beberapa masa surut.

Selain di Cipedes, wilayah penghasil batik Tasikmalaya lainnya adalah Sukapura, di Kecamatan Sukaraja.

2. Motif Batik Tasikmalaya

Motif Batik Tasikmalaya cenderung sederhana, dan umumnya kuat pada pola geometris. Selain itu, batik Tasikmalaya juga kaya akan ragam hias flora dan fauna. Nuansa Parahyangan tergambar pada motif bunga anggrek dan burung, merak-ngibing, cala-culu, pisang bali, sapujagat, serta Awi Ngarambat.

Motif-motif batik tasikmalaya antara lain: akar, antanan, balimbing, guci latar batu, lancah tasik, awi ngarambat, sente, rereng daun peutey papangkah, tsunami udey, merak, calaculu, gunung kawi, kadaka, lamban samping, lancah sawat ungu, rereng orlet, renfiel, rereng sintung, manuk rereng peutey selong, manuk latar sisik, merak latar haremis, merak ngibing, parang, sidomukti payung, sisit naga, taleus sukaraja, turih-wajit-limar.

Bahkan, daun kangkung dan sarang laba-laba pun dimodifikasi menjadi motif yang indah di tangan para seniman batik Tasikmalaya. Simple, lucu, namun tak kalah artistik dari motif-motif batik lainnya.

3. Warna

Warna batik Tasikmalaya sangat sedap dipandang mata. Ya, Warna-warna cerah dan ceria seperti merah, biru, hijau, oranye, ungu, coklat, serta warna latar kekuningan mendominasi kain-kain cantik itu. Sementara pada batik yang diproduksi di Desa Sukapura, terdapat ciri khas warna yang agak berbeda, yaitu warna-warna tanah seperti merah, hitam, dan coklat.

Proses pewarnaan pada batik Tasikmalaya yang diproduksi di desa Sukapura menempuh proses pewarnaan yang lebih rumit. Lebih detil tentang teknik ini, simak info di nomor selanjutnya, ya.

4. Batik Sukapura

Budaya membatik di wilayah Sukapura sudah ada lebih dari seabad silam. Para leluhur mewariskan sebuah tradisi membatik, diantaranya adalah cara perendaman kain yang lebih intensif.

Sebelum dibatik, kain harus melalui proses rendam dan bilas sebanyak 15 kali di dalam campuran air bersih, merang, dan minyak kacang tanah. Hal tersebut dilakukan untuk merapatkan serat kain sehingga kain lebih kuat dalam mengikat warna.

Dengan proses tersebut, warna batik Sukapura dijamin awet dan tak mudah pudar.

5. Membeli Batik Tasikmalaya secara Online

Terpikat dengan warna-warni dan motif simpel Batik Tasikmalaya? Jangan khawatir, batik-batik manis yang cocok untuk dijadikan busana kasual ini bisa kamu dapatkan di toko-toko online.

Klik deh, www.galerybatikindonesia.com. Banyak koleksi batik Tasikmalaya, lho! Silahkan pilih warna dan motif yang kamu sukai. Harganya terjangkau dan kualitasnya sudah pasti terjamin.

 

 

Tanaman Indigo (Indigofera Tinctoria) Sebagai Pewarna Alami


1. Perkembangana Bahan Pewarna Alami

Teknologi penggunaan zat pewarna buatan yang "canggih" dan "jitu" dibandingkan dengan teknologi zat pewarna alam nenek moyang kita dahulu, ternyata tidak kalah "canggih" dan "jitu" karena zat pewarna alami menghasilkan produk non karsinogen, ramah lingkungan yang menjadi bahan pertimbangan untuk mencari celah-celah mengatasi krisis moneter yang berkepanjangan (Patmasari, 1999). Pewarna alam mulai bergeser penggunaannya sejak tahun 1800-an, yaitu setelah ditemukannya cara sintesa pewarna secara kimiawi, seperti sintesa indigo pada tahun 1897. Keunggulan dari pewarna sintetis adalah harganya lebih murah karena dapat diproduksi secara masal dan memiliki sifat lebih tahan luntur.

 

2Indigofera sebagai Bahan Pewarna Alami

Asal usul dan penyebaran geografis

Marga Indigofera (tanaman nila) yang besar (kira-kira 700 jenis) tersebar di seluruh wilayah tropika dan subtropika di Asia, Afrika dan Amerika sebagian besar jenisnya tumbuh di Afrika dan Himalaya bagian selatan. Kira-kira 40 jenis asli Asia Tengara, dan banyak jenis lainnya telah diintroduksikan ke wilayah ini. Banyak jenisnya yang telah dibudidayakan di seluruh wilayah tropika. Indigofera arrecta adalah tumbuhan asli Afrika Timur dan Afrika bagian selatan, serta telah diintroduksikan ke Laos, Vietnam, Filipina (Luzon), dan Indonesia (Sumatera, Jawa, Sumba, Flores). Kedua anak jenis dariIndigofera suffruticosa berasal dari Amerika tropika, dan di daerah-daerah tertentu di Jawa dibudidayakan. Indigofera tinctoria mungkin berasal dari Asia, tetapi kini tersebar di seluruh wilayah pantropik.

 
 
 
 
keranjang belanja
SHOPPING CART KOSONG
 
login
 
EMAIL
PASSWORD
 

 

Jumlah Member : 29
10 Member Terakhir :
EWQJQIOPQDM, AFIEF, YULI, INSAN, RONALD, RATIH, ANYA, NISA, BPUTXMCUBKOHS, KIKUCPUXQKTZCQKWLAW,
 
 
 
gallery
 
berita
 
berita
Batik Indonesia Di Pakai Artis Hollywood

Batik Indonesia Di Pakai Artis Hollywood juga ternyata kawan kawan, tidak percaya ? mari baca artikel berikut ini.


BATIK JUMPUTAN

Batik Jumputan merupakan seni budaya membatik yang modern. Sesuai perkembangan zaman proses membatik semakin beragam. Salah satunya batik jumputan. Dengan proses pelintiran dan pencelupan di setiap motif yang diinginkan. Dan proses itu dilakukan secara manual dan hasil setiap motif tidak akan sama satu dengan lainnya. Biasanya batik jumputan motifnya abstrak. Batik jumputan bisa menjadi alternatif padu padan untuk motif batik lainnya.


TREND BATIK DI TAHUN 2015

Seni budaya batik selalu menarik untuk dieksplorasi sehingga menghasilkan karya seni budaya bernilai tinggi. Dengan beragam motif dan paduan antara tradisional dan modern maka untuk sekarang ini batik tetap menjadi trend fashion. Bahkan banyak jenis pakaian seperti pakaian santai, kerja bahkan gaun selalu menarik jika ada percampuran nuansa batik. Oleh sebab itu Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia-APPMI DIY yang bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan DIY mengelola batik local DIY agar bisa menjadi trend di tahun 2015. Dan tidak sedikit para designer yang akan mengembangkan dan memperkenalkan batik ke seluruh dunia. Dengan teknik cutting yang simpel dan modern para desainer APPMI DIY menjadikan batik lokal DIY sebagai karya seni bernilai tinggi.


testimonial
[, ]
 
 
Baca Semua Testimonial
 
 
 
 
Web www.galerybatikindonesia.com
 
www.galerybatikindonesia.com
Jl. Puri Sakti 1 No 6A, Kemang Selatan
CS : 081284081999
gallerybatikindonesia@yahoo.co.id